Kamis, 11 Desember 2014

Hati-Hati Benjolan Di Leher Bisa Pertanda Infeksi Tuberkolosa atau TB

Diposting oleh Unknown di Kamis, Desember 11, 2014
Sekarang ini kamu punya sebuah benjolan atau benjolan yang lebih dari satu di leher gak ? kalau ada kamu wajib periksa ya! Wajib! Walaupun benjolannya gak sakit! Karna aku juga punya benjolan yang lebih satu di leher :(

Pertama-tama benjolannya itu hanya satu tepatnya di leher sebelah kanan, kecil
. Ya awalnya bingung kok ada benjolan gitu pas di raba-raba, kirain di setiap leher emang ada benjolan gitu, karna ukurannya kecil jugakan jadi gak begitu mikir jauh, ± sebesar kacang hijau. Tapi lama-lama mulai merasa membesar gitu, trus tanya temen apa dia juga punya benjolan gitu dan ternyata tidak! Kaget juga awalnya, mulai deh dari situ searching-searching tentang benjolan gitu. Pas searching nemu kalau kemungkinan besar itu penyakit getah bening! Duhh bingung banget pas bacanya, trus nyari apa tanda-tanda penyakit getah bening itu, pas nemu trus di cocokin sama keadaan aku saat itu, ada yang cocok ada yang enggak. Hhmm mulai bingung juga. Tapi pikiran di otak mah udah fix ini pasti karna getah gening, ya mikirnya gitu karna rata-rata benjolan gitu karna betah bening. Dan aku baca-baca benjolannya ini wajib di angkat atau di operasi.

Setelah itu ngasih kabar ke ortu, maklum anak rantau, rentan belai kasih sayang orang tua :’( *abaikan* nyokap langsung khawatir pastinya. Mulai deh di nasehati “Makan itu yang bener, makan masakan sendiri, yang di jualan di luar itukan banyak pakai penyedap rasa!”. Sebenernya sih di suruh langsung berobat, ngecek aja bahaya atau enggak. Tapi berhubung mau libur semester, aku urungkan niat untuk berobat, biar berobat di Pekanbaru aja bareng ortu, sekalian modus juga *muehehehe*

Tepat libur semester bulan februari kemarin aku pulangg yeeyyy *abaikan* disitulah aku berobat di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru. Kemarin langsung ke dokter spesialis THT. Nah dokternya nyuruh untuk pengambilan sampel di leher aku, biar lebih fix aja itu apa. Setelah di ambil, nunggu 2-3 hari baru keluar hasilnya apa.
Setelah 3 hari, ternyata hasilnya buktiin kalau aku kena infeksi tuberkolosa. Duhh shock bngt pastinya. “kok bisa gitu” “kena dari mana ?” “kena dari siapa” banyak pertanyaan deh dalam hati, terutama karna TBC sangat-sangat identik dengan batuk, tapi asli aku sendiri gak ada gejala batuk bahkan batukpun paling jarang aku alami, tapi bisa-bisanya kena infeksi tuberkolosis. Tapi dokternya jelasin kalau INI TIDAK MENULAR dan TIDAK boleh di pegang-pegang!

Loh bukannya TBC itu menular ya ?
Lihat dulu penyebabnya ya ! Kalau penyebabnya karna infeksi dan TIDAK ada batuk, itu tidak bahaya dan tidak menular! Tapi kalau TB yang batuk-batuk gitu ya jelas itu menular.

Baru tau kalau benjolan gitu bisa karna infeksi TBC !
Iya samaa. Aku juga baru tau kalau benjolan di leher bisa dikarenakan infeksi TB, bahkan teman aku jurusan kedokteran bilang kalau TB juga bisa di sebabkan karna kulit.

Sekedar berbagi informasi dan gak ada maksud untuk nakut-nakutin ya, sewaktu sodara aku tau aku ada benjolan ini, mereka langsung teringat sama orang-orang yang pernah ada benjolan di leher kaya aku ini. Dan ada yang sampai meninggal. Hmm bukan nakutin ya, hanya sekedar berbagi informasi.
  • Ke pengobatan terapi
Ada sodaranya sodara aku *ngertikan ya maksudnya? pasti dong* punya benjolan kya aku ini, tapi dia gak  pergi ke dokter. Dia pergi berobat ke pengobatan sejenis tradisional gitu. Jadi benjolan di leher dia itu di suntik gitu! Astaga, demi apapun bahaya sekali kalau sampai benjolan ini di pegang-pegang apalagi di suntik gitu! Apapun maksud tujuan dari penyuntikan ini, jelas gak boleh, karna berbahaya. Dokter aku aja bilang ini gak boleh di pegang-pegang! Apalagi di suntik gitu! Mungkin sodaranya sodara aku ini gak tau kalau benjolan ini TIDAK BOLEH di pegang-pegang apalagi di suntik gitu. Parahnya lagi penyuntikan ini lebih dari satu kali! Aduh aku udah gak kebayang itu mah gimana. “Trus gimana keadaan sodaranya sodara kamu ?” Pembengkakan! Iya pembengkakan. Katanya mereka komplain sama pengobatan itu! *kalau aku pastilah komplain, ngamuk-ngamuk malah* tapi aku gak tau apa kelanjutan selanjutnya, apa pihak pengobatan bertanggung jawab atau nggak, tapi yang pasti sekarang benjolannya udah besar dan bernanah duhh L . Aku bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan sejenis pengobatan seperti ini, aku berbicara fakta, kalau kamu punya benjolan dan cara pengobatannya sama seperti ini mending tidak usah! Ingat benjolan seperti ini TIDAK BOLEH di pegang-pegang, apalagi di suntik gitu, sudah dokter sendiri yang mengatakan ini sama aku!
  • Tidak ada pengobatan
Suami dari temen mama aku juga pernah punya kaya benjolan gini. Tapi dia tidak ada pengobatan sama sekali. Istrinya udah nyuruh untuk berobat, tapi ya gitu, pikirannya :
-     Ntarlah
-     Ahh gak ngerasa sakit ini
-     Duhh masih banyak kerjaan, ntarlah
Ya ntarlah sampai nyawa meregang L sebaiknya gejala apapun yang kamu alami, mending berobat deh, kasian bngtkan kalau sampai fatal gitu.
  • Di kirain getah bening, ternyata infeksi TBC
Kenapa bisa salah deteksi gitu ? aku juga kurang tau kenapa, tapi aku akui sodara aku ini di daerah pedalaman gitu, barulah ketika ada dokter muda yang lagi magang di daerah itu, baru diketahui kalau itu infeksi TBC.

Trus Kamu Udah Gimana Kelanjutan Pengobatannya ? Udah Sembuh ?
Aku berobat ke Rumah Sakit Malaka di Malaka, Malaysia. Untuk jelasnya klik disini
Sewaktu disana kami langsung ke dokter THT juga, aku langsung di periksa, leher aku di raba-raba di bagian benjolannya trus dokternya ngomong “ini sudah mulai ada lagi benjolannya di sebelah kiri *dengan logat gimana gitu, ya maklum sih ya*” .
Mulut aku di periksa dan ada alat khusus berukuran kecil gitu dimasukin ke dalam hidung aku, rasanya geli-geli sakit gimana gitu karna di dorong sampai ke dalam. Mungkin untuk ngecek bagian tenggorokan kali ya. Setelah itu dokternya langsung tau kalau benjolan ini karna TB.

Setelah itu gimana ? langsung operasi ?
Tidakk! Setelah dokternya bilang gitu aku langsung ngasih tau kalau di Indonesia udah pernah di cek ke lab. sambil aku sodorin bukti lab.nya dan tau gak gimana reksi dokternya ?
Beliau ngomong gini : 
Oohhh begitu ya *sambil angguk-angguk kepala* hhmm begitu
Akunya langsung nanya
 “Kenapa dok?”
Trus dokternya jawab :
“Kalau gitu lanjut aja pengobatannya di Indonesia, tidak perlu lagi periksa kesini, minum obat yang rajin aja ya” *asli denger jawaban ini aku bingung karna dokter di Indo bilang ini mesti di operasi*
Trus akunya jawab :
“Loh inikan mesti di operasi dok, kemarin dokternya ngomong gitu jadi gak ada di kasih obat”
Beliau menjawab :
“Kenapa begitu, ini tidak boleh di operasi, setelah di operasipun benjolannya akan muncul lagi dan munculnya di tempat lain, jadi tidak boleh di operasi. Harus minum obat yang rutin agar hilang sampai akar dan tidak muncul lagi”. Lalu besoknya aku di operasi dan tetap dokter itu yang nanganin operasi aku.
Loh tapi katanya gak boleh di operasi ?
Aku bukan di operasi untuk ngambil semua benjolannya ya, tapi untuk ngambil satu benjolan aja untuk di teliti lebih lanjut udah gimana perkembangannya, apa ganas atau gimana. Kalau di Indo kemarin di ambil melalui suntik gitu, jadi di sedot gitu. Nah kalau ini langsung di ambil satu utuh. Dan benjolannya yang di ambil itu menurut aku “induknya” karna tepat di ambil di bagian awal mula benjolannya muncul. Mungkin karna udah di raba-raba jadi dokternya tau yang mana “induknya” haha >.<


Hasilnya gimana ?
 Hasil lab. membuktikan kalau benjolan ini fix infeksi Tuberkolosa atau TB dan tidak ada tanda keganasan *huft syukurlah*
Intinya:
  • Benjolan ini tidak boleh di pegang-pegang
  • Di operasipun akan muncul lagi di tempat yang berbeda
  • Wajib minum obat selama yang di tentuin
  • Bila tidak rajin kamu bakal kebal obat, karna penyakit TB wajib rutin minum obat
  • Artinya sekali saja kamu gak minum obat, maka yang tadinya wajib minum obat selama 6/9 bulan menjadi 2 tahun wajib minum obat (bertambah jangka waktu untuk minum obat)
Jadi buat kamu yang punya benjolan seperti aku, segera periksakan ya. Semoga semua yang saya bagikan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu.
Bagi kamu yang sedang sakit segera obati dan semoga lekas sembuh J selalu ingat berdoa ya ;)

Trimakasih ^^

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Herlina saya ingin tanya, saya juga punya benjolan kecil di sebelah kanan leher saya, seperti kasus kamu, saya juga punya benjolan lebih dari satu, secara kasat mata tdk terlihat tapi jika diraba akan terasa. Saya sudah periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam katanya tidak apa2 selama benjolannya tdk membesar. Yg ingin saya tanyakan, ada gejala khusus ga yg kamu rasakan ? Soalnya saya merasa pegal dibagian leher kanan dan agak risih, terkadang saya juga merasa berkeringat malam hari ketika tidur. Trus gimana sekarang setelah pengobatan yg kamu lakukan, benjolannya hilang ga ?
Salam kenal, thank's infonya.

Posting Komentar

 

Herlina Rukun Rgg Template by Ipietoon