Senin, 27 April 2015

Banyak Orang Ingin Ke Ujung Dunia, namun Aku Ingin ke Ujung Timur Indonesia

Diposting oleh Unknown di Senin, April 27, 2015
Sumber gambar : Google
Dari gambar diatas jelas sekali bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Bukan hanya dari segi hasil alam, namun juga dari segi wisata alam. Ini terbukti dari hampir seluruh pulau di Indonesia memiliki tempat wisata.
Variasi wisata alam yang disuguhkan pun sangatlah beragam, ada laut, pantai,  gunung, goa, danau, hutan dan sungai (seperti Sungai Siak di Riau). Ditambah lagi dengan kebudayaan Indonesia yang beragam membuat keunikan dan ciri khas di setiap tempat wisata semakin menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, teman dan bahkan solo traveler.
Diantara begitu banyak pulau di Indonesia tentunya ada satu pulau yang sangat ingin kita kunjungi, bagi saya sendiri pulau yang sangat –bukan sangat aja, tapi sangat sangat dan sangat- ingin saya kunjungi adalah pulau yang terletak diujung Timur Indonesia, yap Papua, tepatnya di Raja Ampat, pulau yang sangat popular dengan wisata pantai dan wisata bawah lautnya yang sangat menawan dan bahkan katanya hasil jepretan kamera ditempat ini gak perlu diragukan lagi, sangat menarik pun tanpa diberi filter terlebih dahulu.

Sebenarnya sudah dari SMA impian saya adalah menjelajahi Papua, sampai teman-teman sewaktu SMA dan kuliah sekarang paling tau kalau saya orang yang paling ingin ke Papua, terutama ke Raja Ampat tadi. Yang hanya bermodalkan gambar dan cerita dari orang lain, imajinasi sayapun langsung bermain. Berkhayal dan membayangkan bagaimana keindahan alam di Raja Ampat. Duh ingin sekali rasanya mewujudkan khayalan ini, namun faktor biaya kurang mendukung.

Lalu kemarin saya membuka e-mail dan seperti biasa ada pesan masuk mengenai promo tiket pesawat dan potongan diskon untuk pemesanan hotel dari Traveloka (karna saya berlangganan dengan website ini). Kemudian saya mengklik situsnya, saat saya membuka websitenya, ternyata Traveloka sedang mengadakan kontes menulis dengan tema “Jika Aku diberikan uang 10 juta untuk traveling” saat membacanya secara refleks saya langsung teringat dengan surganya wisata laut Indonesia yang saya impi-impikan, Raja Ampat. Wah sudah sangat dipastikan pulau ini yang akan menjadi tujuan  traveling saya.

Mengapa Raja Ampat ? karena bagi saya ada daya tariknya sendiri, yaitu :
  • Dari lokasi peta yang terletak di ujung Indonesia
  • Suku dan budayanya yang unik
  • Wisata kuliner yang pasti sangat bergizi (untuk jenis makananan yang bermenu seafood ya, karna pasti segar-segar)
  • Lokasi untuk diving dan snorkeling yang mempesona (ini tak perlu diragukan lagi, bahkan sebuah film dokumenter dari Avant Premiere yang berjudul “Edis Paradies 3” yang pemutaran perdananya di Swiss telah mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat )
  • Dan rasanya ada bangga tersendiri bila bisa mengabadikan keindahan Raja Ampat ini dari hasil tangkapan kamera kita sendiri
Dengan budget Rp 10juta, rasanya sudah cukup untuk menjelajahi Raja Ampat. Karena untuk menjelajahi tempat wisata yang satu ini kita harus merogoh kocek yang lumayan, namun seimbang dengan keindahan alam yang akan dijelajahi nanti. Yang saya butuhkan adalah mempersiapkan perjalanan ini secara matang-matang agar point-point perencanaan yang telah dibuat dapat terlaksana dan saya ingin destinasi kali ini menarik dan tidak terlupakan. Disini saya memilih solo traveler

Point pertama : Tiket Pesawat
Oke hal pertama yang harus saya lakukan adalah memesan tiket pesawat. Saya memilih keberangkatan hari Kamis malam tgl 7 Mei-12 Mei karena dihari kamis pagi saya masih ada jadwal kuliah, jadi saya memilih keberangkatan malam. Seperti perjalanan-perjalanan yang sebelumnya, saya memesan tiket pesawat dan hotel disitus Traveloka.com. Namun kali ini saya cukup mengambil handphone dan membuka aplikasi Traveloka yang telah saya download karna sekarang Traveloka app telah tersedia di App Store dan Play Store. Pokoknya Traveloka semakin mempermudahkan kita untuk pesan tiket pesawat dan hotel lewat teknologi secara nyata.
Disini saya langsung membeli tiket pesawat pulang-pergi karena tujuan destinasi saya hanyalah Jakarta-Sorong dan Sorong-Jakarta. Untuk keberangkatan saya pilih harga tiket pesawat yang murah agar sedikit menghemat. Kalau habis traveling itu pasti rasanya capek dan suntuk karna waktu bersenang-senang telah habis dan mengingat harus kembali keaktivitas-aktivitas sebelumnya, jadi agar tidak suntuk sewaktu diperjalanan pulang  saya memilih Maskapai Garuda agar dimanjakan dengan fasilitas dan pelayanannya yang telah mendapat penghargaan Indonesia Service Quality Award tahun 2013 silam dan masih banyak penghargaan lain baik penghargaan Nasional maupun Internasional.

Tiket pulang-pergi sudah ditangan dan ada potongan diskon dari Traveloka App, lumayan untuk mengirit, jadi total biayanya adalah Rp 4.529.400

Point kedua : Hotel
Untuk pemesanan hotel saya juga mencari di Traveloka app juga, karna di Traveloka telah tersedia ribuan hotel yang ada dalam negri dan luar negri. Saya memilih hotel unik namun tidak perlu terlalu mewah, jadi pilihan saya adalah HamuEco Rajaampat Dive Resort karena hotel ini dibangun dari kayu dan berdiri dipesisir pantai, ditambah lagi posisi hotel ini yang sangat menarik, karena kita bisa melihat Sunrise dan Sunset. Pasti makin semangat untuk bangun pagi dengan desiran ombak pagi dan kicauan burung. Membayangkannya saja sungguh menyenangkan dan tidak perlu jauh-jauh lagi untuk melihat sunset.

Menginap selama 4 malam, totalnya Rp 2.480.547

Point ketiga : kegiatan selama di Raja Ampat
Pada hari pertama : Setelah check in saya akan keliling kota sorong  dan menjelang sore hari saya menikmati sunset. Hingga malam hari saya di hotel untuk berkemas memulai penjelajahan esok hari.
Pada hari kedua : Semangat pagi! Saya akan berlayar ke Teluk Mayalibit untuk snorkeling dan singgah di Kota Kabupaten Raja Ampat.
Pada hari ketiga : Dihari ketiga saya akan mengunjungi kampung-kampung traditional Raja Ampat dan ingin mendengar cerita rakyat mengenai Raja Ampat, kemudian menikmati kelapa muda ala pulau kecil, keliling hutan dan melihat-lihat burung.
Pada hari keempat : Ini hari terakhir sebelum kepulangan besok, jadi saya akan fokus untuk wisata kuliner dan membeli suvenir khas Papua. Kemudian menjelang sore hari kembali lagi ke hotel sambil menikmati sunset terakhir.
Pada hari kelima : Saatnya pulang, senang rasanya sudah menjelajahi Raja Ampat dan pastinya pengetahuan saya mengenai Papua makin bertambah. Oh iya, berhubung ada transit di Manado selama 4 jam 5 menit, saya akan menjelajahi sedikit kota Manado. Setelah itu baru benar-benar pulang dan menimati perjalanan pulang bersama Garuda. Hati senang, pikiranpun tenang.
Ps : Disetiap lokasi diatas sudah pasti akan saya abadikan dengan selfie hehe

Awal mula jatuh hati sama Traveloka

Saya bukan asal bilang ini itu tentang Traveloka, saya harus membuktikan dulu bagaimana kemurahan dan kemudahan dalam pelayanan Traveloka ini baru berani mengatakan. Dan saya sendiri udah merasakan karena sudah beberapa kali beli tiket pesawat dari layanan ini dan hasilnya sangat memuaskan. Jadi buat kamu yang ingin cari pesawat yang murah tapi no tipu tipu, Traveloka jawabannya. Bahkan Traveloka berani adu harga bila kamu menemukan tiket yang lebih murah dari situs lain, kamu cukup mengadukan ke Traveloka dengan mengirim bukti dan setelah diproses, kamu akan mendapatkan potongan harga bila terbukti ada harga yang lebih murah. Keren bangetkan, layanan mana lagi yang berani seperti ini. Apalagi sekarang sudah ada Traveloka App, rasanya saya makin dimanjakan. Jadi kesan positif yang saya rasakan dari Traveloka App adalah :
  • Untuk pencarian dan pembelian tiket pesawat dan hotel kini ada dalam genggaman tangan
  • Harga lebih murah via Traveloka App daripada websitenya
  • Tidak membuat pusing dan bingung bagi pengguna awal aplikasi ini
  • Design aplikasinya minimalis namun sangat menarik untuk dilihat
  • Tidak ada harga tersembunyi
  • Proses transaksi sangatlah mudah dan cepat
  • Dan dengan Traveloka App saya merasakan tujuan traveling saya lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi
Kesimpulan biaya
Tiket pesawat Sriwijaya dan Garuda pulang-pergi tujuan Jakarta(CGK)–Sorong(SOQ) Rp 4.529.400
Menginap di Hotel HamuEco Raja Ampat Dive Resort selama 4 malam Rp 2.480.547
Tariff kepelabuhan Rp 40.000
Berlayar menggunakan kapal untuk mengunjungi pulau, snorkeling dan menyelam Rp 2.550.000
Biaya  untuk wisata kuliner dan membeli souvenir Rp 300.000
Sisa budget dari Rp 10.000.000 yang tersisa adalah Rp 100.053

Segera download aplikasi ini dan rasakan kemudahan dan kemurahan yang diberikan oleh  Traveloka App dan buat dunia travelingmu semakin menyenangkan melalui teknologi.